08122539596 | BBM : D6D6228E
paket wisata karimunjawa

PLTS Karimunjawa

PLTS Karimunjawa

plts karimunjawa

Agen wisata karimunjawa, PLTS Karimunjawa. Seiring berkembangnya waktu dari hari ke hari ada sedikit perubahan dalam kemajuan tekhnologi di pulau karimunjawa. Namun jika di tilik dalam dunia kelistrikan kepulauan karimunjawa tidak memiliki perubahan yang signifikan. Ya.. nasib dunia kelistrikan pulau karimunjawa masih saja tetap terpuruk. Banyak masyarakat karimunjawa mengeluhkan akan hal tersebut termasuk juga kami tim agen wisata karimunjawa yang sudah sejak 2009 hingga sekarang masih eksis untuk memperkenalkan dunia kepariwisataan kepulauan karimunjawa. Kini ada berita baru yang beredar di pulau karimunjawa perihal listrik yang di tenagai oleh tata surya yang sering kita sebut dengan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS). Dari rasa penasaran tersebut akhirnya saya telusuri berita tersebut dan memang saya temukan dari berbagai media elektronik di Indonesia yang kabarnya bahwa Universitas Gajah Mada (UGM) kembali mengembangkan PLTS di Kepulauan Karimunjawa. Mari kita bahas tentang PLTS yang sudah lama hadir di berbagai pulau di karimunjawa tersebut.

PLTS Karimunjawa Oleh UGM

Karimunjawa, Universitas Gadjah Mada (UGM) mengembangkan PLTS di kepulauan karimunjawa sejak tahun 2014 kemarin. Adapun hal hal yang sudah dilakukan dalam aktifitas dari UGM salah satunya adalah dengan sudahnya mereka memasangan 12 panel di berbagai lokasi yang tersebar di kepulauan karimunjawa, adapun rencana panel yang di pasang tersebut akan di gunakan untuk keperluan pompa air Solar Home System dan sebagian lagi akan di gunakan untuk keperluan SWPS (Solar Water Pumping System), Ujar Bp. Irawan Eko Prabowo anggota tim Program Listrik Surya Pusat Studi Energi (PSE) UGM, di Kecamatan Karimunjawa, Kabupaten Jepara. Adapun pemasangan panel surya target utamanya area publik seperti puskesmas, sekolah, kantor kecamatan, dan tempat ibadah.

Harapan adanya PLTS Karimunjawa

Karimunjawa, Sudah bukan rahasia kalau selama ini Suply tenaga listrik yang berada di kepulauan karimunjawa saat ini masih sangat terbatas. Untuk keperluan sehari-hari, warga kepulauan karimunjawa hingga saat ini menggunakan pembangkit listrik tenaga diesel (PLTD) yang hanya bisa beroperasi di malam hari.  “Untuk menjalankan PLTD ini membutuhkan solar yang besar, sementara suply terbatas dan harganya mahal. Oleh sebab itu, kita kembangkan pembangkit listrik tenaga surya karena daerah ini punya potensi sinar matahari yang cukup besar,” ujar Irawan. Bapak Irawan juga sangat berharap agar pembangunan PLTS di karimunjawa ini nantinya bukan saja untuk menyuplai kebutuhan energi listrik masyarakat setempat, tapi juga mampu mendukung sektor pariwisata di Kepulauan Karimunjawa.

 

PAKET WISATA KARIMUNJAWA

Homepage Backpacker Homestay Hotel Resort Honeymoon

About the Author

Agen wisata karimunjawa | [Sosmed] BBM : karjaw | Call/Sms/WhatsApp : 08122539596 | Skype : agenwisatakarimunjawa admin@agenwisatakarimunjawa.com [email]