08122539596 | BBM : D6D6228E
paket wisata karimunjawa

Penyelundupan BBM Karimunjawa

Penyelundupan BBM Karimunjawa

Karimunjawa, Lagi-lagi ulah para cukong nakal berhasil di ungkap oleh badan Bea & Cukai, kali ini sebuah kapal tanker MT-BS9 telah berhasil di amankan di sekitar Pulau Karimunjawa. Ketika tertangkap tangan kapal tanker MT-BS9 telah membawa lebih kurang 133.000 lt premium. Kuat dugaan bahan bakar berjenis premium ini akan dijual di perairan internasional di sekitaran Pulau Bintan KEPRI (Kepulauan Riau). Komandan besar Pol Edi Mustofa (Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Jateng) “semua anak buah kapal (ABK) merupakan warga negara Indonesia (WNI), dari total 11 ABK ada satu yang masih berstatus kadet atau siswa,” begitu ungkap  Kombes Pol Edi Mustofa pada Jumat 27-11-2015 kemarin. Komandan besar Pol Edi Mustofa juga mengatakan mengatakan, dari hasil pemeriksaan, kesemua ABK baik kapten maupun anak buahnya tidak memiliki pasport dan akan lebih didalami untuk kasus ini. Untuk mengetahui kasus penyelundupan BBM (Bahan Bakar Minyak) ini akan diselidiki lebih dalam lagi untuk asal bahan bakar jenis premium yang mereka bawa dengan menggunakan kapal tanker jenis MT-BS9 tersebut, “kami bersama Kanwil Direktorat Jendral Bea Cukai sedang mendalami keterangan para tersangka, saat ini menurut pengakuan para tersangka mereka menggunakan metode ship to ship yaitu metode dua kapal beriringan sambil mematikan lampu pada saat mereka memindahkan BBM dari kapal satu ke kapal lainnya” ucap Kombes Pol Edi Mustofa.

Penyelundupan BBM Karimunjawa

Kronologi Penangkapan Penyelundupan BBM Karimunjawa

Perairan Karimunjawa adalah kawasan yang bersih dari parkir atau lego jangkar terutama untuk kapal tanker. Kecurigaan tim dari Kantor wilayah Bea Cukai Jawa tengah dan DIY mendapati kapal tanker tersebut sedang lego jangkar di perairan Karimunjawa dari situlah timbul kecurigaan. Berdasarkan informasi dari intelijen TNI Angkatan Laut, tim Bea Cukai melakukan pemeriksaan terhadap kapal tanker itu. Saat dilakukan pemeriksaan, nahkoda kapal jenis MT-BS9 yang saat ini sudah ditetapkan menjadi tersangka, Fian Alun Nufrianto, mengaku kapal tersebut sedang rusak. Tak percaya begitu saja, dilakukanlah pemeriksaan secara menyeluruh dan diketahui kapal tersebut tidak rusak. “Selain kapalnya tidak rusak, dokumen berupa manifes muatan dan crew list atau daftar ABK tidak ada, nahkoda tidak memiliki surat persetujuan berlayar dari kantor Syahbandar dan muatan BBM berupa premium sebanyak 133.000 liter tidak dilengkapi dokumen pengangkutan,” kata Kepala Kanwil Bea Cukai Jateng DIY, Untung Basuki. Kapal tersebut lalu ditarik ke Pelabuhan Tanjung Mas Semarang dan dikoordinasikan dengan Polda Jateng. Direktur Jenderal Bea Cukai, Heru Pambudi, mengatakan, penangkapan kapal tanker MT-BS9 tersebut merupakan hasil dari kerja sama dan koordinasi dari berbagai elemen penegak hukum seperti Bea Cukai, Polda Jateng dan TNI Angkatan Laut.

 

PAKET WISATA KARIMUNJAWA

Homepage Backpacker Homestay Hotel Resort Honeymoon

About the Author

Agen wisata karimunjawa | [Sosmed] BBM : karjaw | Call/Sms/WhatsApp : 08122539596 | Skype : agenwisatakarimunjawa admin@agenwisatakarimunjawa.com [email]